Komitmen

Kebijakan penambahan dan pembatalan pekerjaan borongan bangunan dapat bervariasi tergantung pada kontrak dan perjanjian antara pemberi kerja dan kontraktor. Namun, berikut adalah beberapa prinsip umum yang dapat diterapkan dalam situasi tersebut:

Penambahan Pekerjaan:

  1. Perubahan lingkup: Jika ada perubahan dalam lingkup pekerjaan yang memerlukan penambahan pekerjaan, pemberi kerja dan kontraktor harus sepakat tentang perubahan tersebut secara tertulis. Perubahan lingkup dapat berupa penambahan item pekerjaan, volume pekerjaan yang lebih besar, atau pekerjaan tambahan lainnya.
  2. Negosiasi harga: Penambahan pekerjaan biasanya memerlukan penyesuaian harga. Pemberi kerja dan kontraktor perlu bernegosiasi untuk menentukan harga yang adil dan wajar untuk pekerjaan tambahan tersebut. Hal ini dapat melibatkan perhitungan biaya tambahan, markup, dan persentase keuntungan yang telah disepakati sebelumnya.
  3. Perubahan tertulis: Setelah pemberi kerja dan kontraktor mencapai kesepakatan tentang penambahan pekerjaan, penting untuk mendokumentasikan perubahan tersebut secara tertulis dalam bentuk perubahan kontrak atau addendum. Hal ini mencegah perselisihan di masa depan dan memberikan kejelasan bagi kedua belah pihak.

Pembatalan Pekerjaan:

  1. Alasan yang sah: Pembatalan pekerjaan harus didasarkan pada alasan yang sah, seperti kegagalan kontraktor untuk memenuhi persyaratan kontrak, kualitas pekerjaan yang tidak memadai, atau kegagalan kontraktor dalam memenuhi tenggat waktu yang telah disepakati.
  2. Pemberitahuan tertulis: Pemberi kerja harus memberikan pemberitahuan tertulis kepada kontraktor tentang niat untuk membatalkan pekerjaan. Pemberitahuan tersebut harus mencantumkan alasan pembatalan dan mematuhi ketentuan yang diatur dalam kontrak.
  3. Komponen hukum: Jika pembatalan pekerjaan tidak diatur secara rinci dalam kontrak, pemberi kerja dan kontraktor harus mengacu pada hukum dan regulasi yang berlaku di wilayah hukum yang relevan. Mereka mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli hukum untuk memahami implikasi hukum dari pembatalan pekerjaan.

Penting untuk dicatat bahwa kebijakan penambahan dan pembatalan pekerjaan borongan bangunan dapat bervariasi tergantung pada negara, yurisdiksi, dan kontrak spesifik yang digunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk merujuk pada kontrak dan mengonsultasikan dengan profesional hukum atau konstruksi untuk memastikan kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku dalam situasi tertentu.

SIAP SURVEI KE LOKASI DAN NEGOSIASI LANGSUNG

Paket Terbaik Di bulan Terbaik

Buat Rumah

Paket A

Rp 3,000,000 per meter
  • Include Material
  • Include Pekerja
  • Desain Bebas
Standar

Peket Jasa

Borongan

Rp 1,000,000 per meter
  • Jadwal Progres
  • Target capaian
  • Profesional Komitmen
Trend

Peket

Premium

Rp 4,000,000 per meter
  • Include Paket A
  • Include Paket Borongan
  • Tinggal Terima Kunci
Sempurna
Panggil